Oktober 25, 2011

Laptop sakit keras, Cepat ditangani!!

Diposting oleh Queenshaquarie di 11.14

Laptop kantor sudah error parah, tiap hari rasanya S mendengar nafasnya ngos-ngosan, jalannya udah lambreta, sering hang, and yang parah sering mati tiba-tiba. Nggak kepengen ni laptop almarhum jadi sepertinya memang perlu segera diobati. Pertama S periksa dulu apa sih masalahnya ni laptop, minta sajen atau pengen minta libur aja, hehe..
Setelah S periksa dan analisis sepertinya ni leppi udah kebobolan virus, padagal tiap minggu update apalgi antivirus S it jago lho tapi namanya tak ada gading yang tak retak jadinya anti virus pun tak ada yang sempurna, hehe jadi sangking seringnya nycan flashdisk-flashdisk bervirus milik konsumen eh tu virus malah lolos dari satpam en akhirnya mau merajalela di leppi ini. Maka dari itu aksinya harus dihentikan.
Masalah berikutnya yaitu ni laptop udah lambreta be-ge-te, dan kenapa bisa lambreta ya so pasti gara-gara ada udang dibalik bakwan ups gara-gara virus maksudnya, hehe. Tapi selain virus, laptop lambat juga bias dipengaruhi karena banyaknya program yang terinstall, seperti di leppi S ini karena laptop untuk operasional kantor so pasti program yang dipake bejibun sampai-sampai desktop leppi penuh dengan icon-icon. Seharusnya leppi S ini di tune-up sebulan sekali untuk menghapus program-program yang error dan tak terpakai atau membersihkan hardisk dll tapi karena kesibukan jadinya selalu terlupakan akhirnya tu leppi jadi gini deh, (huhu!)
Dua Masalah ditemukan, yang selanjutnya ni leppi sering mati sendiri dan klo dipegang panassss banget sampe ngalah-ngalahin Jupe tu hotnya, mungkin kalau orang sakit tu udah sampai 40derajat kali ya, hehe. Danyang bikin serem terkadang terdengar suara berisik dibagian bawah saat dihidupkan, jangan horor ya tapi S curiga sepertinya kipasnya ni leppi pasti bermasalah, bisa karena debu bisa pula karena memang sudah uzur, hehe.
So dengan 3 masalah utama yang S ketahui, yang lain-lainnya seperti batrai cepat habis, sering hang saat buka-buka file (ga buka-bukaan porno lho, hihi) sampe saat browsing pun sering bikin jengkel, S pun membulatkan tekad untuk menginstall ulang ni leppi walaupun S membayangkan ribetnya melakukan itu,belum lagi scan virus yang bakalan lama banget berhubung data di leppi ini sejibun nenek moyang, tetep laptop ini harus di sehatkan.

Sebelum pulang kantor S back up data di my document (pindah he partisi D), trus back up driver, walaupun udah ada CD Drivernya tapi S lebih suka pake back up driver dengan menggunakan program Driver genpro, setelah itu S back up bookmark yang ada di Mozilla Firefox, habisnya kalau udah diinstall ulang kan bookmark bakalan hilang dan S males tuh cari-cari lagi situs yang sering S kunjungi (bukan parno lho, hehe) caranya gampang kok tinggal klik tab Bookmark pada Mozilla trus klik Organize Bookmark lalu klik Import and BackUp kemudian klik Back Up dan pilih tempat menyimpannya dimana, setelah kamu install kembali Mozillanya ikuti langkah-langkah tadi pilih Restore, selesai deh. (Numpang menyisipkan ilmu, tp kalau udah pada tau ya Alhamdullilah ya sesuatu banget, hehe)
Malmingan  gagal jadinya malah install ulang leppi kantor hehe percobaan pertama gagal, programnya ga jalan-jalan padahal udah ditungguin lama, hal ini membuat S curiga ada masalah hardisk juga pada laptop ini yang diperparah dengan mati tiba-tibanya bertambah kalau kemaren-kemaren matinya jaraaang banget tapi ini selama masuk boot aja udah mati 4 sampai 5 kali, wah bikin tambah gugup deh..S coba ganti cd installan yang lain dan menggunakan dvdrw eksternal siapa tahu pengaruh CD Installan yang jelek dan DVDRoom yang udah ga kuat, Untungnya ga mati-mati lagi tapi jalannya tetap aja lambat, yah daripada benging nunggu programnya jalan mending S tinggal nonton aj deh biar aj tu program berjalan sendiri biar lambat yang penting selamat hehe dan akhirnya jalan juga tu installan sampai selesai, dari jam 7 malam sampai sekitar tengah malam baru Finish,ckckck mungkin leppi ini bukan hanya bermasalah pada program tapi juga pada hardware. Untuk masalah program si S masih bisa tangani tapi klo udah ke hardware S males deh bongkar-bongkar  apalagi udah tengah malam gitu mending besok serahkan ke teknisi Alter aj, hehe.
Setelah Installan selesai S langsung pasang antivirus dan update lalu partisi D dan E langsung discan, S sudah tau ni scan pasti bakalan lama jadi S tinggal tidur aja, zzzzzz...waktu menjelang subuh S bangun en cek ternyata untuk partisi D udah selesai discan dan ada 2 virus yang tertangkap, sedikit banget si rasanya kalo ga dapat virus banyak tu ga afdol (rupanya tu virus belum sempat beranak pinak sudah S basmi duluan hehe), sedangkan untuk partisi E scannya baru berjalan setengah dan virus yang tertangkap juga sedikit ga sampe lima lah, daripada meratapi virus yang sedikit S tinggal tidur aja lagi siapa tau pagi udah panen.
Paginya S cek tu scan masih aj setengah lebih sedikit, yang artinya belum selesai juga padahal udah setengah malam tu, akhirnya S tinggal jalan sampai jam 2 siang S kembali dan mengecek tu leppi udah selesai atau belum scannya tapi yang S dapat malah laptopnya mati, whoaaa pengen nangis rasanya karena scannya yang tadi kan belum selesai padahal udah seharian tu, karena takut ada virus yang belum tertangkap akhirnya S ulang lagi scannya trus untuk menghilangkan pengaruh virus (Siapa tahu bisa nular ke manusia, hehe ) S tinggal jalan lagi.
Sepanjang jalan S mikir Laptop mati karena apa ya, entah karena errornya yang kumat atau karena keponakan S yang matikan listriknya karena waktu S cek kabelnya lepas (Grrrr!! awas ya kau ponakan!), dan setelah S pulang dari jalan sekitar jam 8 malam sangat jelas tu scan belum selesai, karena tau bakalan lama akhirnya S install aja langsung program-program standar (ga mau lagi install program yang ga penting supaya cepat nantinya) padahal seharusnya tunggu selesai scan dulu baru install program tapi karena udah malam takutnya scan ga slesai sampe pagi padahal besok laptopnya dipakai kantor akhirnya diisntal duluan deh, setelah program diinstal S tinggal lagi untuk scan, tapi ga lama tu laptop mati lagi, Arrghh S rasanya putus asa kalau mau scan ulang lagi berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan,pastinya laptopnya bakalan se hot Dewi Persik lagi deh klo mau dscan semaleman lagi, mungkin ngambek karena panasnya disamakan dengan Jupe dan Depe sewaktu S coba nyalakan lagi eh dia malah bener-bener ga mau hidup, OMG stress jadinya, udah gugup takut ga bisa ngambil data, S elus-elus dulu sambil dipuji-puji jasanya eh Alhamdulillah (sesuatu ga ya?) tu laptop nyala lagi, dasar lu leppi centil dibaik-baikin dulu baru nurut, buru-buru deh S pindah data ke flashdisk baru S matiin aja tu laptop sampai paginya,supaya dingin sebentar.
Paginya setelah diisntal ulang (walaupun scannya ga selesai-selesai) ni leppi akhirnya dibongkar, kipasnya dibersihkan dan tidak dibiarkan terlalu panas, caranya ya jangan dipake seharian trus dikasih kipas tambahan, yah semoga aja ni leppi umurnya panjang, walaupun pingin dganti dengan Dell baru yang memorinya 4Gb tuh tapi yah seadanya aja dulu, hahaha..
Yah ngurusin leppi sakit aj repot ya apalagi ngurus anak kalo lagi sakit, hehe, semoga panjang umur dah ya padahal baru ulang tahun ke dua ni, udah main rewel aj lu. hehe

0 komentar:

 

Queenshaileen Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea