Januari 18, 2011

Beauty Academi part 2

Diposting oleh Queenshaquarie di 13.56
Reaksi: 

Fragrance

Pada waktu ikut Academy Beauty, saya mendapat penjelasan panjang lebar mengenai Fragrance atau Parfume, nah untuk itu saya pengen bagi-bagi ilmu ni buat temen-temen karena isinya sangat menarik dan perlu banget buat kita tahu. Supaya nggak tahunya Cuma make tapi nggak tahu sebenarnya apa sih produk yang selama ini kita gunakan itu. Hehe.
Jadi, pada dasarnya Fragrance adalah beragam produk yang menggunakan wewangian, produk ini hasil rekayasa senyawa kimia yang membentuk suatu aroma/bau yang khas dan unik.
Supaya nggak bingung apa sih bedanya eu de parfum sama eu de toillete padahal sama-sama parfum tapi kenapa sebutannya berbeda, nah itu karena ada beberapa tingkatan parfum, bedanya pada kadar air dalam cairan parfum tersebut. Dari tingkatan ini, makin ke bawah makin banyak airnya, jadi parfum juga makin cepet ilang wanginya. Kalo parfum yg murni, itu setetes aja udah wangi kemana-mana bisa tahan sampe bbrp hari. 
Tapi kalo body splash, sebentar juga ilang. Nah ini ni tingkatannya:

1.       Pure Fragrance/Aromatic Compound
Merupakan essensial dari perfume dengan kemurnian hampir 100%. Di masyarakat umum sering disebut sebagai biang parfum. Inilah yang menjadi produk yang di supply oleh Fragrance House.
Ini adalah parfum murni dengan campuran konsentrasi 15 - 30%, dapat bertahan lebih dari 6 jam jika digunakan
2.       Perfume extract (Extrait): Dosis Fagrance 15-40%, Parfum dengan campuran konsentrasi minyak antara 15 - 18%, dapat bertahan 3 - 6 jam, parfum ini sangat jarang dan sangat jarang digunakan untuk komersial
3.        Eau de Parfum (EDP)/Parfum de Toilette (PDT): Dosis Fragrance 10-20%. Kadang di sebut sebagai "millésime". Parfum ini campuran konsentrasi minyak antara 8 - 15%, dapat bertahan 3 - 5 jam, parfum ini sedikit umum di pasaran dan harganya sedikit lebih mahal karena konsentrat lebih banyak
4.        Eau de Toilette (EdT): Dosis Fragrance 5-15% , dengan campuran konsentrasi minyak antara 4 - 10%, dapat bertahan 3 - 4 jam, dan umumnya yang paling banyak untuk parfum pria
5.        Eau de Cologne (EdC): Dosis Fragrance 3 - 8%, dengan campuran konsentrasi minyak antara 2 - 5%, dapat bertahan hingga 3 jam, umumnya dipakai untuk wanita
6.       Body Mist
7.       Splash and After shave: Dosis Fragrance 1-3%,  dengan campuran konsentrasi minyak antara 3% atau kurang, bisa bertahan kurang lebih 1 jam

    Nah kalo mau parfum yang tahan lama ya so pasti pilihnya yang Pure Fragrance tapi pasti aromanya sangat pekat, tergantung karakter masing2 juga si bagi yang suka parfum yang ringan, dab fresh mungkin lebih memilih eu de cologne atau after shave.
Perlu diketahui parfum memiliki 3 lapisan aroma yang harmonis berdasarkan tingkat penguapannya. Makanya kadang orang bingung kenapa ya parfumnya nggak tercium lagi padahal baru berapa jam misalnya, Sebenarnya parfum itu masih tercium pada saat jam pertama dan kedua yang tercium adalah Lapisan pertama parfum tersebut yang disebut lapisan aroma atas (top notes) yang memberikan kesan langsung ketika diaplikasikan, terdiri dari molekul kecil, ringan yang dapat mudah menguap. Misalnya dari aroma buah-buahan makanya yang tercium masih kuat aromanya, kemudian setelah lapisan atas hilang akan bertahap menuju ke tingkat lapisan yang lebih dalam yaitu lapisan kedua, atau disebut lapisan aroma tengah (middle notes) yang akan muncul sesaat setelah lapisan atas menguap setelah beberapa menit sampai dengan 1 jam, aroma ini akan bertahap menyatu dengan kulit dan semakin lama akan melembut dan akhirnya sampai ke lapisan tahap akhir, lapisan aroma dasar (base notes) yang yang lebih kaya dengan molekul terbesar dan yang paling lama penguapannya.
     Aroma ini akan bercampur dengan aroma tengah yang menyatu di kulit yang membentuk wangi utama dari suatu parfum. Misalnya aroma dasar ini terdiri dari air maka yangkeluar aroma air sehingga kadang tidak tercium oleh indra kita, makanya orang bilang parfumnya sudah hilang padahal masih ada tapi hanya lapisan dasarnya saja, karena lapisan atasnya sudah hilang atau menguap. Aroma lapisan atas dan tengah dipengaruhi oleh aroma lapisan dasar, dan aroma lapisan dasar akan dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan pada lapisan tengah.
     Cara menyimpan parfum supaya tahan lama:
Simpan parfum di tempat yang jauh dari sinar matahari, yaitu tempat yang suhunya rendah. Jangan dibiarkan tanpa penutupnya atau dalam keadaan telanjang karena bisa menguap. Sebaiknya taruh didalam boxnya dan simpan di dalam lemari, bahkan ada beberapa sumber yang mengatakan untuk menyimpan parfum didalam lemari es, ini bisa membuatnya tahan lama. Batas pemakaian parfum biasanya dalam satu tahun, karena jika lebih dari itu baunya bisa berubah.
Cara memakai parfum
    Biasakan menggunakan parfum sehabis mandi, dan dalam keadaan tubuh benar - benar kering, karena kalo masih sedikit basah akan merusak bau parfum yang dipakai,
Aplikasikan parfum pada 'warm spot', bagian kulit yang sensitif dan paling memancarkan hangat dalam tubuh kita, dimana darah mengalir. Yaitu di pergelangan tangan, belakang telinga, siku bagian dalam, lutut, dan leher samping kanan dan kiri, saat penyemprotkan atau mencoba parfum dipergelangan tangan jangan digosok2an seperti yang sering dilakukan saat mencoba parfum do took, karena akan merusak wangi parfum tersebut oleh gesekan tangan kita. Dan jangan menyemprotkan parfum ke baju, karena akan meninggalkan noda.

0 komentar:

 

Queenshaileen Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea